PENDAFTARAN SISWA BARU

Posted: Juli 11, 2009 in Keluarga
Tag:, , ,

Menjelang akhir sekolah di SDIT Al-Haraki Depok, Fachrul memiliki niat untuk meneruskan SMPnya di SMP Negeri 2 Depok yang letaknya sekitar 500 meter dari rumah sebagai pilihan pertama, SMP Negeri 5 yang terletak di daerah Kavling Beji Depok Utara sebagai pilihan ke 2 dan SMP Negeri 1 di Jl. Pemuda Depok Lama sebagai pilihan ke 3. Kami sebagai orang tua sebenarnya berkeinginan Ananda tetap meneruskan di Sekolah Islam Terpadu, namun kami menyerahkan seluruh keputusan tersebut kepadanya yang merasa tidak nyaman dengan salah satu pelajaran yang ada di Sekolah Islam Terpadu yaitu Bahasa Arab, Kebanyakan belajar bahasa katanya, ada Indonesia, Inggris, Sunda dan Arab, pusing menghafalnya. Kami hanya mengingatkan supaya niatnya terwujud mewajibkan belajar semaksimal mungkin guna menghadapi UAN (ujian Akhir Nasional) di mana kompetisi nilai menentukan bisa tidaknya diterima di sekolah tersebut karena dari data tahun lalu nilai terendah yang diterima memiliki nilai UAN diatas 26 dari 3 mata pelajaran.

Sebagai cadangan sebelum pengumuman kelulusan Fachrul kami daftarkan di SMPIT Ummul Quro’ dan alhamdulillah setelah mengikuti beberapa test tertulis dan lisan dinyatakan diterima sebagai murid SMPIT tersebut yang terletak di daerah Kukusan, Beji. Dan kami telah melunasi seluruh biaya yang diwajibkan, namun jika Fachrul diterima di SMP Negeri biaya tersebut dapat dikembalikan dengan dipotong sebesar 20%nya.

Tanggal 29 Juni 2009 hari pertama pendaftaran SMP Negeri di depok yang mulai tahun 2008 yang lalu telah menerapkan sistem pendaftaran online, dimana calon siswa cukup mendaftar atau menyerahkan formulir yang telah diisi data siswa, surat keterangan lulus dari sekolahan dan daftar nilai kelulusan dari Diknas Kota Depok. Tanpa harus mengantri lama proses pendaftaran tersebut selesai dengan diberikannya lembar pertama formulir pendaftaran yang telah ditanda tangan dan dicap oleh petugas pendaftaran serta telah dibubuhi nomor pendaftaran siswa.

Selanjutnya siswa maupun orang tua tinggal memantau hasilnya di website penerimaan siswa baru Kota Depok di www.psb.depok.go.id namun cukup disayangkan informasi tentang tata cara melihat dan memantau hasil dari penerimaan siswa bau ini sangatlah minim tersedia di tempat pendaftaran tersebut, terlebih bagi para siswa dan orang tua siswa yang minim pengetahuannya tentang internet.

Fachrul di hari pertama namanya berada di urutan 260 pada SMP pilihan ke 2 yaitu SMPN 5 dan pada hari ke 2 namanya sempat masuk ke SMP pilihan pertama namun kembali lagi ke SMP pilihan ke 2, lalu di hari ke 3 namanya sudah tidak tercantum di ketiga SMP pilihannya tersebut. Dan sampai pada hasil final pada tanggal 4 Juli 2009 Fachrul dinyatakan tidak diterima di ketiga SMP pilihannya tersebut.

Hikmah yang didapat akhirnya Fachrul memilih masuk SMPIT Ummul Quro, karena dari 3 SMP Negeri yang dipilihnya nilai terendahnya lebih tinggi dari punyanya. Mulai hari senin tanggal 13 Juli 2009 besok Fachrul sudah mulai masuk walaupun baju seragamnya belum seluruhnya selesai dibuat oleh penjahit sekolahan tersebut. Tetap Semangat Nak!!

Komentar
  1. yuri mengatakan:

    maaf saya mau tanya … saya ingin tanya ttg sekolah itu. insyaAllah tahun depan anak saya mau masuk sd. tapi masih menimbang2 pilihan antara al haraki dan darul abidin. bisa minta masukannya? sdit al haraki plus minus nya apa gitu.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s